Game Review: I Am Alive

15/07/2011 § Leave a comment

photo source : gamrreview.com

Pernah berpikir bagaimana rasanya menjadi korban gempa ganas? dimana kamu selamat dari gempa tersebut dan muncul masalah baru, yakni bagaimana kamu mampu bertahan hidup pasca bencana hingga semuanya kembali normal?


Adam Collins (I Am Alive), photo source: scrawlfx.com

Itulah yang tersaji dalam game anyar Ubisoft ini, dimana diceritakan pada Juni 2009, di Chicago (fiktif). Terjadi sebuah gempa dahsyat 10.3 SR yang meluluh lantahkan kota dan menghacurkan kehidupan Adam Collins seorang eksekutif muda berusia 27 tahun sebagai masyarakat biasa di Chicago. Saking dahsyatnya akibat yang ditimbulkan oleh gempa tersebut, para regu penyelamat pun tak mampu untuk menjangkaunya(tanpa alasan yang jelas). Karena hal tersebut, sudah jelas, keadaan akan semakin memburuk waktu demi waktu, satu – satunya jalan keluar yakni kamu sebagai player(Adam Collins) harus mendirikan tenda pengungsian yang besar untuk menarik perhatian para regu penyelamat. Dan mendirikan sebuah tenda penyelamat tak semudah mengedipkan mata, kamu harus mencari resource dan memanage para survivor untuk menciptakan markasmu tersebut. Dalam reruntuhan kota Chicago, kamu harus berusaha untuk bertahan hidup selama 7 hari. Mulai dari menyelamatkan diri sendiri maupun korban lain, mengobati, menjaga, membunuh bahkan mencuri.

Ubisoft bisa dibilang sangat cerdas dengan menjadikan game ini bertipe FPS (First Person Shooter). dengan tipe FPS, player akan dengan jelas merasakan bahaya, merasakan betapa dahsyatnya kekuatan alam, serta kekacauan disekitarnya bahkan player pun dapat benar benar masuk kedalam cerita dan benar benar bermain dalam cerita yang disajikan dalam game ini. Namun berbeda dibanding game FPS kebanyakan,dimana mereka menggunakan senjata mereka untuk bertahan hidup. I Am Alive lebih mengutamakan penggunaan otak si player untuk berpikir, berimprovisasi untuk keluar dari masalah tanpa menggunakan kekerasan, karena dapat dibayangkan, ditengah bencana, senjata dan amunisi pasti sangat langka, jadi player harus memutar otak untuk memanfaatkan resource yang ada untuk tetap bertahan hidup.

Game ini secara resmi didevelop oleh Ubisoft Shanghai (bikin envy, Indonesia, ayo kejaar!! Baring teeth smile) dan Darkworks, salah satu independent game developer yang sangat terkenal dengan genre game horrornya. Menjadikan genre game ini menjadi unik, yakni Survival Horror game.

Game ini bisa dijadikan referensi sebagai simulasi bertahan hidup dari bencana alam yang ada. Apalagi tipe game FPS yang membuat suasana game makin terasa. Tapi ingat, game hanyalah game, jelas ada beberapa aspek yang masih belum mampu mencapai apa yang diciptakan oleh Allah SWT ini (kehidupan nyata).

Kontroversi mengenai penundaan rilisnya game

 

I Am Alive E32008 Trailer

Sebenarnya game I Am Alive ini sudah siap dirilis sejak tahun 2010, bahkan trailernya pun sudah nampang di E3 2008. Namun karena alasan dimana Ubisoft mengalami tahun fiskal, yakni antara April 2010 – Maret 2011, game ini tidak jadi dirilis. Namun disinyalir kuat, game ini akan rilis hampir bersamaan dengan game – game luar biasa yang sudah ditunggu tunggu para gamers dari seluruh dunia, Call Of Duty : Modern Warfare 3 dan Battlefield 3 yang diprediksi akan rilis pada sekitar 30 – 31 Desember 2011. Jadi persiapkan kocekmu untuk berbelanja game – game luar biasa ini sebagai penutup tahun 2011. Smile

Nama Game: I Am Alive
Platforms: PC, Xbox, PS3, Wii
Rilis: 2011
Website: http://iamalivegame.uk.ubi.com/

Publisher: Ubisoft
Developer: Ubisoft Shanghai, Darkworks
Genres: Survival – Horror – Action

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Game Review: I Am Alive at .

meta

%d bloggers like this: