Gama-Sat Undercover

03/03/2013 § Leave a comment

Yo, balik lagi, udah lama ga nulis nih haha, ceritanya kemarin itu pada rusuh buat take video Komurindo, saat itu juga saya merasakan hal yang sama seperti tahun yang lalu; ya di event yang sama tapi dengan tim yang berbeda. Hal ini membuat saya ingat akan suatu part dari Komurindo yang paling menarik, yakni “proses”. Kadang orang lain melihat sesuatu hanya dari hasil yang ada, aku yakin pikiran itu akan berubah setelah anda mencoba untuk melakukannya sendiri. Ga cuma develop game dan robot, hal ini berlaku untuk semua pengembangan yang akhirnya menghasilkan sesuatu.

Oke, kembali ke cerita tahun lalu, disini saya coba sedikit buka bukaan mengenai proses yang terjadi tahun lalu, tapi pada konteks yang lain, lets see😀.

Ngedevelop payload bukan perkara gampang, dan jelas memakan banyak energi. Itu membuatmu merasa mudah lelah dan menganggap semua tempat cocok untuk dijadikan sandaran hahaha.

Berikut merupakan kumpulan dokumentasi tim Gama-Sat yang belum pernah di publish sebelumnnya, enjoy🙂.
DSCN1071

 

« Read the rest of this entry »

Vote Robota : Lost for IndieDB’s Indie of The Year Awards 2012 #IoTY

01/12/2012 § 3 Comments

Kali ini adalah tahun ketiga perayaan Indie of The Year Awards, dan Robota : Lost berkesempatan untuk menjadi salah satu nominasinya, buat bapak – ibu, aa – teteh, mas – mbak yang pernah main Robota : Lost, silakan vote Robota : Lost melalui link dibawah ini ya!!🙂

Indie of the Year Awards

Mention : Europa

14/11/2012 § Leave a comment

Europa, lastest projectnya Quick Fingers developer yang sebelumnya sempat terkenal dengan game galau mereka berjudul “Coming Home”, Europa ini adalah full development dari entry 7DFPS (7 Days First Person Shooter) Challenge mereka berjudul “Europa Concept” yang pada saat itu bersama dengan “Robota : Lost” juga, sejauh yang saya pernah mainkan di Europa Concept, game designnya hampir mirip dengan Robota, anda terbangung di suatu tempat(planet) asing dan harus mencari tau apa yang terjadi, tapi dengan eksekusi development yang 1000x lebih bagus dibanding Robota😛. Tapi di Europa ini jauh lebih keren lagi, malah diceritakan asal usulnya juga, asli suka sama grafis HUDnya :d

Buat nyobain game Europa Concept, silahkan kunjungi link ini

Robota : Lost on IGF 2013 student entrant

11/11/2012 § Leave a comment

Beberapa hari yang lalu, akhirnya panitia Independent Game Festival (IGF) merilis sekitar 300an game entry dari para student untuk tahun 2013 atau untuk penyelenggaraan acara yang ke 15nya, Alhamdulillah tahun ini akhirnya saya secara pribadi bisa ikut berpartisipasi, karena jujur di tahun tahun sebelumnya, saya cuma jadi pengamat dan hanya bisa menikmati luar biasanya karya game game indie buatan mahasiswa, saya sendiri mencoba ikut berpartisipasi dengan karya seadaanya dan masih dalam pengembangan, yakni game Robota : Lost.

igf2013

Di tahun ini juga, sepertinya para mahasiswa Indonesia mulai berani unjuk gigi buat tampil di student entrants ini, tercatat sejauh yang saya tahu, ada 5 entry dari mahasiswa Indonesia, 3 dari Universitas Brawijaya, 1 Dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan 1 dari Universitas Gadjah Mada. Saya sendiri berharap mahasiswa ga cuma bisa nampang dan eksis di festival game game dunia seperti IGF ini, tetapi juga harus disegani dan memang kita punya banyak sekali potensi besar di bidang game ini, cuma mungkin sepengetahuan saya, cuma beberapa yang berani unjuk gigi ke luar, dan sisanya eksis dalam negeri. Soalnya saya sendiri beberapa tahun yang lalu ketika cuma bisa jadi pengamat festival ini, sering sekali iri dengan perguruan tinggi yang mahasiswanya sangat aktif berpartisipasi dalam hal seperti ini, seperti GAMBIT(Klub komputernya Singapore-MIT Alliance), Nanyang Polytechnic(Singapura), Digipen – Singapura, USA, University of Southern California(USC) – USA, Danske Akademi for Digital, Interaktiv Underholding (DADIU) – Denmark, Carnegie Mellon University(CMU) – USA, ENJMIN – Prancis, dll.

Buat yang mau ngintip pagenya Robota : Lost di IGF, bisa ditengok di sini

Open-mouthed smile

Mention : Save The King

05/11/2012 § Leave a comment

Tadi pagi iseng iseng nyobain best student game di SBGames 2012, sebenernya sih merupakan salah satu bentuk kecemburuan (karena ga bisa berangkat dan ikut andil di festival de jogos do SBGames 2012)😛. Makannya ngepoin para juaranya, kali ini ada Save The King, game ini di develop oleh Fernando Lacerda (Programmer), Philippe A. Lepletier (Artist and Design), dan Homero colaco (Music Artist), mereka semua mahasiswa asal University Digital Gaming Federal District, Brazil dan pada event SBGames ini, game mereka yang bernama Save The King berhasil menjadi juara 2 best student game.

1

Game Save The King ini adalah game RPG dimana kita sebagai player diperintahkan menempatkan sesuatu pada blok yang sudah disediakan, namun dengan satu syarat bahwa jangan sampai ketika kita meletakkan item pada blok yang disediakan menyebabkan si raja terperangkap dan mati. Pemain pada setiap level diperintahkan meletakkan barang sejumlah yang diperintahkan pada objectives, pada tingkatan tingkatan selanjutnya, barang barang yang diharuskan ada adalah merupakan suatu akumulasi/transformasi dari beberapa jenis barang, hal ini terlihat pada panel atas game, misalkan seperti jika kita ingin membuat sebuah pohon, harus memasang 3 buah rumput sejajar, hingga terbentuk sebuah pohon, begitupun yang lain, 3 buah batu untuk satu kastil, tiga buah pohon untuk satu rumah, tiga buah rumah untuk satu pedesaan, tiga buah kastil untuk satu menara besar, dan sebagainya, pada level yang lebih tinggi akan terdapat penghalang berupa musuh yang akan menghancurkan bangunan serta barang barang si pemain.

3

Adapun beberapa spells yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan teka teki permainan, seperti untuk membenahi barang yang rusak diserang musuh, membangun satu rumah tanpa harus mengumpulkan pohon terlebih dahulu, dan lain lain, namun penggunaan spells ini memakan beberapa gold sebagai korbannya. Gimana? tertarik?😀

Coba aja deh download langsung dari web si empunya disini.

Mention : Toward The Light

04/11/2012 § Leave a comment

Ahoy, ceritanya baru kelar UTS ini, dengan dua mata ujian epic di akhir –..-, oh iya hari ini saya baru mencoba beberapa game indie gratis, salah satunya “Towards The Light”, awalnya saya tertarik untuk mencoba game ini, setelah lihat love yang didapatkan si game di 7DFPS(7 Days First Person Shooter) challenge sangat banyak, yakni sekitar 105 love/like, Robota aja cuma mampu dapat 1/3-nya😛.

1
Beginilah kalo terperangkap di reruntuhan batu, gelap😛

Kesan pertama, konsep game ini bagus banget, karena menurutku sangat jarang muncul. Dimana kamu menjadi seorang yang terjebak di dalam cave/gua, dan harus mencari jalan keluar darisana, si pemain cuma diberi jatah 7 buah flare yang bisa kamu tembakkan ke sembarang arah, sebagai cahaya bantuan, ya karena memang kondisi didalam gua sangat gelap, environmental designnya lumayan cakep, cuma texturingnya yang sama membuat terkesan monoton, tapi hal itu tidak begitu berpengaruh pada kualitas gameplaynya. Yang jelas sangat hebat orang yang dapat membuat hal ini hanya dalam waktu 7 hari.

3

6

Kalo penasaran mau nyobain, silahkan aja unduh di sini

SBGames 2012, You Made October So Blue

31/10/2012 § Leave a comment

Daaaan, ini cerita tentang sesuatu yang sebenarnya dapat kamu gapai, awalnya semua terasa memungkinkan, meyakinkan. Tapi benar kata guru fisika pas SMA, dunia dan seisinya ini adalah fisik, dan jangan pernah menggunakan perasaan ketika menganalisis gejala fisis yang terjadi.

Oke maaf, diatas adalah sebuah abstraksi, hitung hitung latihan bikin paper😛.

Perkenalkan, her name is Festival de Jogos Independentes do SBGames 2012, dilihat dari namanya dia seorang Latina haha, Indie Games Festival adalah salah satu rangkaian acara dari Brazilian Symposium on Computer Games dan Digital Entertainment (SBGames 2012) yang akan dihelat di Brasilia, Brazil, pada 2-4 Nopember 2012, dan tahun ini merupakan acara ke 11 kalinya, acara ini salah satu acara festival game indie terkemuka di Amerika Selatan. oke cukup tau ya.

Seminggu yang lalu(3/10/2012), saya menerima e-mail dari Prof. Guilherme Ramos dari Universidade de Brasilia yang merupakan salah satu organizing comitee dari acara ini, e-mail tersebut berisi tentang pengumuman mengenai daftar game yang terpilih menjadi partisipan Indie Game Festival(karena memang semua game yang di submit kesana akan dievaluasi dan diseleksi terlebih dahulu), daaan salah satunya adalah Robota : Lost.

« Read the rest of this entry »